Laman

Kamis, 26 Mei 2011

Proposal Praktek kerja lapangan (PKL)

PRAKTEK KERJA LAPANGAN
(“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”)
(“letak provinsi”)


PROGRAM STUDI ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI
(“Nama Fakultas”)
(“NAma PTN”)
(“Provinsi”)
2010

I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Era globalisasi seperti sekarang, perkembangan ilmu pengetahuan berkembang secara cepat. Dengan banyaknya petumbuhan tersebut maka daya saing antar manusia semakin pesat dan ketat. Karena itu sebagai seorang Mahasiswa diharuskan dapat bersaing dalam aspek professional agar dapat berperan aktif. Kebutuhan pengetahuan dan pengalaman merupakan modal utama untuk menghadapi persaingan usaha,
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu syarat kelulusan Mahasiswa yang sudah disepakati saat kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (“ nama sebuah PTN/Sekolah ).
Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan mahasiswa akan merasakan seperti keadaan sebenarnya dilapangan. Dan secara tidak langsung Mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ketrampilan khusus dari perusahan tersebut, yang belum pernah dirasakan pada bangku kuliah.
Dalam pengalaman tersebut diharapkan Mahasiswa dapat memperoleh ketrampilan yang tidak semata-mata mengandalkan psikomotorik namun juga dibutuhkan sebuah skill atau kemampuan yang meliputi ketrampilan secara fisik, bersosialisasi, cara memimpin dan intelektual yang luas. Dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan, para Mahasiswa dipersipakan untuk mengerjakan serangkaian tugas sehari-hari di tempat kerja yang menunjang ketrampilan akademis yang telah didapat di bangku kuliah dan merupakan jembatan penghubung antara pengetahuan akademis dengan ketrampilan.
(“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”) adalah perusahan yang bergerak dalam jaringan komunikasi dan dikelola oleh pemerintah Indonesia. Karena sarana dan prasana yang diperuntukan akan memadai, sesuai dengan standar yang telah diberlakukan oleh pemerintahan. Selain itu kan disertai oleh tenaga ahli yang berkualitas, terampil dan terlatih.
Berdasarkan penjelsan diatas maka dibutuhkan suatu proses belajar yang menunjang untuk mendapatkan pembeljaran di lapangan. Dengan demikian (“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”) adalah pilihan yang tepat sebagai tempat kerja praktek lapangan bagi mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi.0
Dengan pertimbangan dan pengamatan yang dilakukan maka kami bermaksud mengajukan Praktek Kerja Lapangan di (“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”). Pada konsentrasi sistem komputer.
B. Maksud dan Tujuan
1. Menambah pengalaman tehadap masalah yang tejadi diluar bangku.
2. Mengaplikasikan ilmu teoritis tentang pekerjaan didunia kerja atau mealkukan serangakaian keterampilan sesuai konsentrasinya.
3. Sebagai langkah awal memahami pekerjaan sesungguhnya agar tidak telalu kaget bila sudah melakukan pekerjaan sebenarnya dikemudian hari dan membangun etos kerja yang baik.
4. Mengetahui produktivitas perusahaan.
5. Mampu berfikir secara kritis dan meluas saat ada perbedaan metode-metode pekerjaan yang dipakai perusahaan tersebut yang tidak sesuai dengan ilmu teoritis kita.
6. Adanya para pakar yang telah berpengalaman di lapangan maka akan memberikan kesempatan untuk mempelajari cara mereka berkerja.
7. Mengetahui masalah-masalah yang sering terjadi di tempat praktek kerja lapangan.
8. Memperoleh informasi dan masukan baru mengenai inovasi yang sedang dikembangkan atau inovasi kemunculan produk baru.
9. Memahami dan mengerti secara langsung system pengaturan daya pada tempat kerja lapangan.
10. Diharapkan setelah praktek kerja lapangan selesai terjadi timbal balik sehingga praktikan dapat direkrut jadi karyawan.

II.  DASAR PEMIKIRAN

A. Pengertian Istilah “ Sistem Instrumentasi Industri”
Judul yang kami gunakan untuk proposal ini adalah “Sistem Instrumentasi Industri”. “Sistem” berarti suatu perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Sistem juga dapat didefinisikan sebagai susunan yang teratur dari pandangan, teori, asa, dsb (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1995). “Instrumentasi” adalah suatu teknologi atau teknik penggunaan peralatan untuk mengukur dan mengatur sifat sifat fisika dan kimia dari suatu benda untuk mendapatkan nilai tambah (http://www.geocities.com/smkn1cmi/instind.htm, 2006). “industri” adalah perusahaan yang membuat atau menghasilkan barang tertentu (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1995).

B. Penegasan Judul
Secara keseluruhan, arti Sistem Instrumentasi Industri adalah suatu perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas sebagai susunan yang teratur dari suatu teknologi atau teknik penggunaan peralatan untuk mengukur dan mengatur sifat-sifat fisika dan kimia dari suatu benda untuk mendapatkan nilai tambah dalam meningkatkan hasil produksi dari suatu industri.
III.  LINGKUP DAN METODE PELAKSANAAN

A.     Rencana Kegiatan Kerja Praktek
1.       Rencana Kegiatan
Kegiatan difokuskan pada sistem Instrumentasi Industri (nama tempat perusahaan), terutama yang berhubungan dengan bidang elektronika dan instrumentasi, seperti : sistem distribusi, sistem kontrol jaringan serta sistem kendali proses.
2.       Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan yang direncanakan adalah sebagai berikut :
a)      Minggu I & II : Orientasi dan Kerja Praktek
b)      Minggu III      : Konsultasi dan pengumpulan data
c)      Minggu IV      : Penyusunan Laporan Kerja Praktek

B.     Lingkup Kerja Praktek
1.Pengenalan Perusahaan
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memulai kerja praktek ini adalah mengenal profil perusahaan. Pengenalan ini menyangkut sejarah berdirinya, tujuan didirikannya, dan bidang operasional (nama tempat perusahaan).
2.Orientasi Lapangan
Mempelajari tentang proses operasional yang ada di (nama tempat perusahaan), terutama yang berhubungan dengan bidang Elektronika dan Insrumentasi seperti : sistem instrumentasi, sistem pengukuran, sistem kontrol atau sistem kendali proses yang dikendalikan komputer dan lain sebagainya.
         Topik pembahasan Praktek Kerja Lapangan disesuaikan dengan persetujuan dan kesepakatan dengan (nama tempat perusahaan).

C.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan  Kerja Praktek
Bagian (nama kantor PTN/PTS yang mengesahKan/mengijinkan) telah memberikan alternatif  waktu pelaksanaan kerja lapangan. Yaitu pada tanggal  4 Juli s.d. 5 Agustus 2011. Kepastian waktu pelaksanaan waktu Kerja Praktek didasarkan pada kesepakatan antara mahasiswa dengan P(nama tempat perusahaan).
Tempat           : (nama tempat perusahaan)
Alamat         : ( Alamat tempat perusahaan)

D.     Metode Kerja Praktek
1. Pengertian dan Macam-macam Metode
a. Pengertian Metode
Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
b. Macam-macam metode
1)      Metode Ceramah
Dalam hal ini, metode ceramah digunakan untuk menyampaikan bahan atau materi pembelajaran, yang dilaksanakan pembimbing kepada praktikan yang berkaitan dengan Kerja Praktik Lapangan.
“Metode ceramah ialah suatu cara penyajian atau penyampaian materi pelajaran dari guru kepada siswa yang cenderung bersifat lisan, guru bercerita dan siswa memperhatikan, bila diperlukan siswa mencatat hal-hal pokok dan penting. Posisi siswa lebih banyak mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.” (Margono, 1986 : 31)
2)      Metode Observasi
“metode observasi ialah metode penelitian yang bersifat pengamatan (meninjau) secara cermat sebelum praktik dilaksanakan.” (Margono, 1986 : 32)
3)      Metode Wawancara
”metode wawancara adalah metode penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti kepada manusia sumber.” (Soeripto Probodipuro, 1970 : 10)
4)      Metode Praktek
“metode praktik ialah metode penelitian yang dilakukan dengan pelaksanaan secara nyata di lapangan.” (Margono, 1986 : 36)
5)      Metode Diskusi
Metode diskusi sering digunakan untuk membahas atau mengkaji materi praktik yang berisi sejumlah materi yang komplek dan lebih luas cakupannya.
“metode diskusi ialah suatu cara mengajar dimana siswa-siswa akan mendapat kesempatan untuk memecahkan masalah bersama-sama. Setiap siswa mendapat kesempatan untuk menyumbang pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah.” (Moh . Surya, 1975 : 107)

IV. Data diri mahasiswa

Nama : DIMAS PANCA
NIM : -
Prodi : D3 Elektronika dan instrumentasi
Jurusan : Ilmu Komputer dan Elektronika
Alamat : -
Telpon/ HP: -
Email : -

IV. Penutup
Diberikannya kesempatan dari pihak perusahaan/kantor, dalam hal ini (“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”) diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal dan seefektif mungkin bagi mahasiswa sendiri dalam proses pengaplikasian ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan. Dan selama proses itu pula diharapkan pihak (“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”) dapat membantu dan memberikan pengarahan secukupnya sehingga selepas mengikuti kerja praktek ini mahasiswa minimal memahami prinsip kerja dari sistem elektronika instrumentasi yang dipelajari.
Dan yang terakhir, harapan kami adalah jalinan kerjasama pihak (“Nama sebuah tempat/instansi/perusahaan yang akan ditempati”) dengan (“nama PTN”) dapat dipererat, sehingga dimasa mendatang dapat dijadikan referensi kedua belah pihak dalam menjalin kerjasama yang jauh lebih menguntungkan.






















(“Tempat anda sekarang”), 23 Apri 2010

PEMOHON,




DIMAS PANCA
Kaprodi                                                                                                           Dosen pembimbing



 (nma Kaprodi beserta NIP-nya)                                             ( Nama dosen pembmbing beserta NIP-nya)








***CATATAN***
  • SEBELUM mengajukan proposal keperusahaan lehat jadwal akademis dengn jadwal anda KP, jangan sampai jdwal tsb bertabrakan karena dapat menggangu.
  • telpon atau datangi perusahhan tsb, pakah ada tempat kp pada tnggal yg kita inginkan
  • tentukan tema apa yang akan dilakukan disana nanti
  • jika ingin mengajukan 2 proposal sekaligus usahakan tanggal pelaksaan tidak sama, karena ditakutkan bila jdwal sama, dan pada saat itu juga diterima semua. bisa bisa adik angktan kita tidak bisa masuk kp ditempat yang kita tolak, karena sudah diblack list. dan kasihan pula pihak kampusnya.
  • jika sudah diterima, tanyai kepada pihak perusahhan apa saja yang perlu dilakukan nanti.
  • usahakan menjaga nama baik kampus, saat KP
  • jalin terus komunikasi dengan perusahaan walaupun sudah habis masa KP-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar