Laman

Rabu, 18 Mei 2011

Pemaaf !!!

Tidak mudah untuk jadi seorang yang pemaaf, karena kita adalah makhluk social dan saling berinteraksi dengan yang lain. Oleh sebab itu suatu saat akan timbul suatu kondisi yang menciptakan sebuah perselihan atau yang lain. Dari segi konsep Pemaaf adalah memaafkan kesalahan orang lain yang telah melakukan perbuatan tidak baik kepada kita baik perbuatan tersebut dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Orang yang memiliki sifat pemaaf biasa juga memiliki sifat penyayang kepada sesama maupun ciptaan Allah SWT yang lain, selain itu mereka punya sifat belas kasih ke semua orang.
Orang yang memiliki sifat pemaaf tidak akan memilih milih atau mempertimbangkan kesalahan mana yang pantasa untuk dimaafkan atau tidak, sebaiknya orang yang baik hatus memaafkan kesalahan orang lain tanpa syarat dan imbalan apapun.
Seperti sifat-sifat manusia yang lain, sifat pemaaf yang dimiliki manusia tidak datang secara sendirinya. Walaupun sifat dasar manusia itu sebenarnya adalah seorang pemaaf.
Supaya bisa menumbuhkan sifat pemaaf dalam diri kita, ingatlah pesan Rasulullah SAW. Yang mana Beliau bersabda apabila ingin menjadi pemaaf makan ingatlah dua perkara dan lupakanlah dua perkara. Perkara apakah yang dimaksud oleh Rasul SAW itu??
pertama, ingat-ingatlah kebaikan orang lain dan lupakanlah kebaikan kita kepada orang lain.
kedua, ingat-ingatlah keburukan kita kepada orang lain dan lupakanlah keburukan orang lain kepada kita.
Bila dua perkara ini sudah menjadi bagian dari sikap kita dalam pergaulan sehari-hari, insyAllah kita akan menjadi seorang yang pemaaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar